Analisis Dampak Kerusakan Jalan dengan Menggunakan Metode PCI Jalan Poros Jendral Ahmad Yani Kota Parepare

Authors

  • Faidlul Haqriyadi Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Adnan Adnan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Hamka Hamka Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.61132/konstruksi.v2i4.539

Keywords:

Road Damage Analysis, PCI Method, Parepare

Abstract

Pavement conditions affect the comfort, security and safety of road users. However, pavement conditions are increasingly decreasing due to road damage factors that can be divided into two parts, namely structural damage which includes pavement failure or damage to one or more pavement components that result in the pavement no longer being able to bear traffic loads, and functional damage which includes safety and comfort. This study aims to analyze the level of road damage using the PCI method. The results of the study showed that the average value of damage to the main road section of General Ahmad Yani Km 7, Parepare City was 38, which indicated that the quality of the road pavement was in fair condition with a level of road damage to Alligator cracking of 11%, longitudinal cracking of 7%, potholes of 10%, patching and utility cut patching of 60%, weathring/raveling of 2%, depression of 3%, curvature of 6%, swell of 05%, and shoving of 1%.

 

 

 

References

Aulia Fatma Kartika. (2018). Analisa kondisi perkerasan jalan menggunakan metode PCI pada Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya - Propinsi Jawa Timur [Unpublished thesis]. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Aulia Dewi Fatikasar. (2021). Analisa tingkat kerusakan jalan menggunakan metode PCI untuk mengevaluasi kondisi jalan di Raya Cangkring, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Teknik Sipil, 6(2), November 2021.

Delli Noviarti Rachman. (2020). Analisis kerusakan jalan dengan menggunakan metode PCI dan strategi penanganannya (studi kasus Jalan Nasional Srijaya Raya Palembang Km 8+149 sd Km 9+149). Jurnal Teknik Sipil Unpal, 10(1), Mei.

Dharmawan, E. D., Suprapto, B., & Rachmawati, A. (2021). Analisa kerusakan perkerasan lentur (flexible pavement) pada ruas jalan Pacing-Pacet Kabupaten Mojokerto dengan metode Pavement Condition Index (PCI). Jurnal Teknik Sipil.

Fathihah Sasmita Ashkandari. (2016). Evaluasi tingkat kerusakan jalan sebagai dasar penentuan perbaikan jalan [Unpublished thesis]. Universitas Islam Indonesia.

Giyatno. (2016). Analisis kerusakan jalan dengan metode PCI: Kajian ekonomis dan strategi penanganannya [Unpublished thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hendra Faisal Sugianto. (2022). Studi evaluasi kerusakan jalan dengan metode PCI (Pavement Condition Index) di ruas jalan Ciliwung sampai Jalan Mastrip Kabupaten Blitar [Unpublished thesis]. Universitas Islam Malang.

Hidayat, S. R., & Santosa, R. (2018). Kajian tingkat kerusakan menggunakan metode PCI pada ruas jalan Ir. Sutami Kota Probolinggo. Ge-Stram: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 1(2), 65. https://doi.org/10.25139/Jprs.V1i2.1124

Mubarak, H. (2016). Analisa tingkat kerusakan perkerasan jalan dengan metode Pavement Condition Index (PCI): Studi kasus: Jalan Soekarno Hatta Sta. 11 + 150. Jurnal Saintis, 16(1), 94–109.

Nafsiah Mutmaina Dean. (2023). Studi evaluasi kerusakan jalan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Surface Distress Index (SDI) di Jalan Trans Flores, Kabupaten Manggarai Timur [Unpublished thesis]. Universitas Islam Malang.

Putra, Y. A. M. (2018). Studi evaluasi kerusakan jalan menggunakan ASTM D6433-07 untuk prioritas penanganan jalan (studi kasus Kabupaten Jombang) [Unpublished thesis]. Universitas Negeri Malang.

Reiman Lasarus. (2020). Analisa kerusakan jalan dan penanganannya dengan metode PCI (Pavement Condition Index): Studi kasus ruas jalan Kauditan (By Pass) – Airmadidi; Sta 0+770 – Sta 3+770. Jurnal Sipil Statik, 8(4), 645–654. https://doi.org/10.2337/6732

Rizaldi Kurniawan. (2016). Analisa kondisi kerusakan jalan pada lapis permukaan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) (studi kasus: ruas jalan Argodadi, Sedayu, Bantul Yogyakarta) [Unpublished thesis]. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Suwandi, A. (2015). Evaluasi tingkat kerusakan jalan dengan metode PCI untuk menunjang pengambilan keputusan. Jurnal Tugas Akhir. Retrieved from https://neliti.com/, accessed 19 September 2017.

Zohri, S., Sutrisno, W., & Priyanto, A. (2019). Analisis tebal perkerasan kaku pada jalan tol Pasuruan–Probolinggo berdasarkan metode Bina Marga (Manual Desain Perkerasan 2017) dan AASHTO (1993). Renovasi: Rekayasa dan Inovasi Teknik Sipil, 4(1), 33–41.

Published

2024-08-29

How to Cite

Faidlul Haqriyadi, Adnan Adnan, & Hamka Hamka. (2024). Analisis Dampak Kerusakan Jalan dengan Menggunakan Metode PCI Jalan Poros Jendral Ahmad Yani Kota Parepare. Konstruksi: Publikasi Ilmu Teknik, Perencanaan Tata Ruang Dan Teknik Sipil, 2(4), 111–117. https://doi.org/10.61132/konstruksi.v2i4.539

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)