Pendampingan Kegiatan Implementasi Seni Mengajar Berbasis Peer Teaching di TK Al Munawar Tulungagung

Authors

  • Dita Hendriani Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah
  • Dwi Junianto Universitas Bhinneka PGRI
  • Ella Rolita Arifianti Universitas Bhinneka PGRI
  • Pangki Suseno Universitas Bhinneka PGRI
  • Yeni Roha Mahariani Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.61132/inber.v3i4.1107

Keywords:

Art, Learning Media, Learning Outcomes, Peer Teaching, Teacher Competence

Abstract

The peer teaching method is a strategic learning tool for creating a conducive learning environment, allowing students to play an active role and fostering connectivity between students. This method can be used as an alternative in classroom learning activities where students with the ability can act as tutors. This activity was carried out at AL Munawar Kindergarten in Tulungagung, with stages ranging from planning, training implementation, mentoring, and evaluation. The results of the community service activities were an increase in student abilities, learning outcomes, active and critical thinking skills, and communication skills. To achieve these results, strategic efforts are needed, starting from curriculum development, improving teacher competence, and providing learning facilities. Although it still has a number of weaknesses, including the difficulty of finding the right tutor who is confident and capable of mastering the material, the peer teaching method can be used as a reference for effective learning media in nurturing and developing students.

References

Almiyanti, W. D., Leny, L., & Irhasyuarna, Y. (2021). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi tutor sebaya (peer teaching) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 5(1), 9–16.

Alqolbi, F. Z., & Lasari, Y. L. (2025). Peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode peer teaching di kelas VI MIN 2 Kota Sawahlunto. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1).

Badan Pusat Statistik. (2022). Analisis profil penduduk Indonesia: Mendeskripsikan peran penduduk dalam pembangunan. Direktorat Analisis dan Pengembangan Statistik.

Dhayfullah, F. A., Priyatna, O. S., & Hamdani, I. (2022). Upaya meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode peer teaching. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 187–191.

Hasanah, U., Sriwijayanti, R. P., & Hidayati, N. (2023). Implementasi metode pembelajaran peer teaching methods dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Nurul Islam Kota Probolinggo. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi, 5(2), 1–14.

Hasanuddin, M. I., Nurharyanto, D. W., & Abdullah, S. (2024). Peningkatan kompetensi pedagogik mahasiswa PGSD melalui peer teaching pada perencanaan pembelajaran SD. Journal of Education Research, 5(4), 4764–4771.

Lubis, R. H., & Simamora, F. N. (2022). Peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran peer teaching. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 76–82.

Noviana, E. N., & Laili, M. (2024). Evaluasi efektivitas metode peer teaching dalam peningkatan keterampilan mengajar bagi calon guru. Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 19–24.

Raharjeng, S. B. H., Nuriannisa, F., Kardina, R. N., Putri, P. H., & Awwalya, E. S. (2023). Pendidikan gizi dengan metode tutor sebaya (peer teaching) sebagai upaya untuk mengatasi obesitas. Warmadewa Minesterium Medical Journal, 2(2), 80–85.

Rahman, R. F., & Dewanto. (2020). Penerapan metode pembelajaran peer teaching guna meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran mesin bubut di kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK Ahmad Yani Probolinggo.

Riyadi, S., & Adilah, N. (2021). Penerapan membaca QS Al-Hujurat pada siswa kelas X SMA Ekasakti Padang melalui peer teaching methods. Journal of Social and Economics Research, 3(2), 175–183.

Salsabila, Z., & Saddhono, K. (2024). Mengoptimalkan penggunaan metode peer teaching untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 14(1), 7–10.

Selly, N. A. (2021). Pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada materi elektrokimia. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(1), 38–47.

Silviyani, S. D., Sonjaya, A. R., Permadi, A. A., & Hidayat, H. (2023). Efektivitas penerapan model pembelajaran peer teaching terhadap proses pembelajaran PJOK. Jurnal Porkes, 6(1), 152–176.

Somayasa, D. M. N., Wulandari, C. A., & Marli, A. D. K. P. (2024). Pengaruh pengajar sebaya dalam kelompok belajar terhadap peningkatan nilai siswa SMA dalam mata pelajaran fisika: Pengaruh pengajar sebaya dalam mata pelajaran fisika. Bakti Cendekia, 1(1), 15–25.

Tulfauziah, A., Ardana, A. P., Khairunnisya, K., Wati, M., Wismanto, W., & Sakban, S. (2024). Peningkatan kemampuan siswa dengan metode pembelajaran peer teaching materi perkalian matematika siswa kelas III SD. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 1084–1091.

Widayati, P. A. (2023). Penerapan metode pembelajaran “peer teaching” untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas II SDN Dukutalit 01 dalam pembelajaran tematik. IJES: International Journal of Elementary School, 3(2), 1–9.

Zaenuri, Z. (2022). Metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) sebagai metode alternatif dalam pembelajaran BTQ (baca tulis Al-Qur’an) pada kegiatan ekstra kurikuler PAI di SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 2(4).

Downloads

Published

2025-10-10

How to Cite

Dita Hendriani, Dwi Junianto, Ella Rolita Arifianti, Pangki Suseno, & Yeni Roha Mahariani. (2025). Pendampingan Kegiatan Implementasi Seni Mengajar Berbasis Peer Teaching di TK Al Munawar Tulungagung. Indonesia Bergerak : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 37–45. https://doi.org/10.61132/inber.v3i4.1107